Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Tips Cara Memilih Ikan Segar

Memilih ikan yang segar merupakan langkah awal sebelum membuat suatu masakan yang berbahan dasar ikan, karena dengan bahan-bahan segar akan menghasilkan rasa masakan enak, lezat, sedap, dan yang paling utama adalah protein dan nilai gizi dari ikan tersebut masih kita dapatkan.

Mengetahui bagaimana cara memilih ikan segar merupakan hal yang penting dan harus diketahui oleh para ibu-ibu rumah tangga atau koki (chef) mengingat ikan merupakan sumber protein dan omega-3 terbanyak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesetabilan tubuh dan sangat dibutuhkan oleh bayi/anak dalam masa pertumbuhan apalagi bagi ibu hamil dianjurkan memperbanyak mengkonsumsi menu masakan yang berbahan baku ikan segar.
Ikan segar

Untuk mendapatkan ikan yang segar, baik, dan aman dikonsumsi tentu membutuhkan tips pintar dalam memilih ikan segar, berikut ini kami beberkan rahasia memilih ikan segar.

CARA PINTAR MEMILIH IKAN YANG SEGAR
  • Mata Ikan Segar
Ikan yang segar mempunyai ciri-ciri mata terang dan bening, atau mata ikan masih menonjol dan tidak pindah/melesak pada saat dipegang itu berarti ikan tersebut masih segar alami.
  • Insang Ikan
Insang ikan segar biasanya berwarna merah segar atau warna dari darah dan bersih dari segala kotoran. Adapun ciri ikan yang tidak segar dilihat dari insang biasanya berwarna keabu-abuan, berlendir, dan bau amis yang menyengat.
  • Sisik dan Aroma Ikan
Mengkilap, terang, dan bersih begitulah ciri sisik ikan yang segar serta sisik masih menempel erat pada tubuh ikan alias tidak banyak yang lepas. Ikan yang segar akan beraroma air laut atau air segar dan tidak berbau busuk.
  • Daging Ikan
Warna dari ikan segar biasanya cerah dan tidak pucat kehitaman, apabila dipencet/ditekan akan cepat kembali seperti semula.
  • Udang
Udang yang segar tidak mempunyai bintik-bintik hitam dan berwarna jernih. Kulit, kaki, dan kepala tidak mudah lepas atau masih merekat kuat serta beraroma amis khas udang, dan dagingnya pun masih terasa keras apabila ditekan.
  • Kepiting atau Rajungan
Apabila mata kepiting masih bergerak keluar-masuk berarti masih hidup dan segar. Untuk mengetahui kepiting segar anda juga bisa mengeceknya dengan menekan bagian belakang kepiting dengan jari, apabila terasa keras itu berarti kepiting/rajungan gemuk, sehar, dan segar. Jangan memilih kepiting yang belakangnya kosong/gembos dan pastikan anggota tubuh kepiting masih utuh.
  • Cumi Segar
Pilihkan cumi yang kepalanya masih melekat dibadan dan mempunyai mata bening. CUmi yang segar biasanya dilapisi lendir jernih dan bening, kokoh, kenyal, serta tidak berbau anyir dan busuk.
  • Kerang Segar
Jika memilih kerang pastikan cangkang masih terbuka artinya kerang tersebut masih hidup, dan untuk kerang yang sudah dikupas atau tidak bercangkang pilihlah daging kerang yang masih padat dan utuh dan warna daging khas kerang.

Begitulah beberapa tips cara memilih ikan segar supaya menghasilkan masakan yang lezat dan mantap, dan mari biasakan memperbanyak makan ikan segar supaya tubuh kita sehat dan cerdas, entah ikan tersebut diolah menjadi ikan goreng, ikan masak pindang, asam manis, atau yang lainnya. Semoga tips cara memilih ikan segar ini bisa bermanfaat bagi anda.



Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Tips Cara Memilih Ikan Segar

Posted by Mandy Bulles, Published at 8:01 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment